Seringkali ditemui kondisi bahwa beberapa artikel tidak lagi terjamah oleh pengunjung kita, padahal pada saat setelah diposting, artikel tersebut sempat memiliki "booming" yang dahsyat. Faktor-faktornya antara lain adalah artikel tersebut sudah masuk masa kadaluarsa, yaitu kondisi dimana topik pada artikel tersebut tidak lagi memiliki nilai informasi karena sudah banyak orang yang mengetahu. kuat tidaknya artikel kita didasarkan berapa kuat kita membangunnya, seperti membangun drainase yang terus mengalir lancar


Terus Bagaimana Cara membuat Visitor Betah dengan Konten Yang Kita buat?

Nah sekarang  bagaimana ciri suatu artikel yang ga gampang kadaluarsa itu? Artikel semacam ini bisa diumpakan sebagai mata air yang airnya gak habis-habis. Artinya, artikel tersebut tetap memiliki nilai ketika dikaitkan dengan kondisi apapun dan kapanpun juga. Sehingga, banyak orang yang membutuhkan dan kadang kembali untuk membaca ulang.

1. Tentukan, pikirkan, dan pastikan apakah topik dari artikel yang akan anda tulis merupakan topik yang tidak cepat lekang waktu. Artinya, jika satu atau dua tahun lagi artikel itu dibaca, masih memiliki kesinambungan dengan kondisi yang ada dan tidak berseberangan.

Artikel yang rentan terhadap hal semacam ini adalah artikel berita. Pada suatu waktu, artikel jenis ini bisa menjadi santapan lezat, dengan ratusan hingga ribuan pembaca menyerbu. Namun, setelah tidak mempunyai nilai berita lagi, dia tidak punya arti lagi. Sedangkan suatu artikel yang tidak aktual adalah artikel yang tidak menjawab atau memberi gambaran tentang permasalahan/fenomena yang terjadi di masa kini.

2. Pelajari terus kondisi sekitar, kira-kira fenomena, permasalahan, atau kebutuhan apa saja yang selalu muncul dan terus ada dan (kadang) tidak berakhir.

3. Variatif dalam menyampaikan suatu topik. Artikel tidak hanya bisa disampaikan sebagai suatu informasi objektif, tapi juga bisa memuat opini, kritik, saran, polling, dan lain-lain. Bisa jadi apa yang anda bicarakan adalah sebagai suatu topik berita atau fenomena yang sudah lama, namun ambil sudut pandang tertentu, misalnya opini,kritik, saran, atau polling anda terhadap berita/fenomena tersebut. Bentuk artikel seperti ini biasanya bisa bertahan lama

4. Jaga originalitas artikel anda. Originalitas disini menyangkut dua hal. Yang pertama adalah karya asli seringkali lebih memiliki nilai yang tinggi, karena memiliki ciri khas yang tak dimiliki oleh yang lain. Nah yang kedua, untuk menjaga originalitas itu, hendaknya anda menjaga konten anda dari penduplikasian. Mengapa? Karena jika suatu konten artikel memiliki duplikat, posting anda akan jarang atau bahkan tidak pernah dibaca lagi karena blog lain telah memiliki artikel yang sama persis seperti milik anda. Terlebih lagi jika blog anda kalah dalam pencarian di search engine, maka akan lebih sia-sia lagi.

5. Lakukan update sesegera mungkin apabila ada bagian dari artikel yang tidak sesuai lagi dengan perkembangan. Misalnya anda membuat suatu review yang menyebutkan harga suatu barang. Lalu, dua bulan kemudian harga tersebut berubah, maka segeralah anda mengupdate informasinya. Tidak perlu menambah posting baru lagi untuk hal yang sama karena justru ini tidak efektif. Mengapa tidak efektif? Salah satunya karena search engine telah memiliki indeks posting anda yang lama, jika anda membuat posting yang baru lagi, akan butuh waktu lagi untuk search engine meng-crawl entri posting baru.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Top